Blockchain

1 min read


OKKAAAAYY GUYSSSSSS,, welcome back to my channel… hahaha

kesempatan yang berbahagia ini, kita bahas teknologi blockchain yahh.. Sebelum kita mulai implementasi, kita perkenalan dulu aja yakan.. Jadi apa itu blockchain, fungsi dan keuntungannya apa, mungkin kelemahannya juga apa, dan lainnya… Ok jujur saya juga belum terlalu lama mempelajari tentang blockchain, namun gak papa ya kita saling sharing aja yakan hahah…

Definition

Okay secara sederhana Blockchain adalah kumpulan konsep bagaimana cara membangun sistem penyimpanan data yang aman. Dah itu aja wkwkwk..

Ledger

Tapii untuk bisa memahami seacara komprehensif kita harus memahami terminologi Ledger,, apa sih Ledger itu ?? Ledger itu adalah terminologi dalam dunia accounting yang biasa digunakan untuk mencatat uang masuk dan uang keluar didalam suatu organisasi,, nah transaksi keuangan ini adalah fakta yang data nya harus diamankan,, sementara dalam konteks blockchain data Ledger ini bersifat value.. Jadi bukan hanya data transaksi keuangan saja yang bisa dicatat Kita juga bisa mencatat data-data penting lainnya ke dalam Ledger misalkan data pencatatan siapa para pemilik tanah, data pencatatan, masyarakat yang membayar pajak dan kemudian ada data pencatatan kasus-kasus korupsi misalkan dan para pelaku kriminal.. Dan kemudian ada data pencatatan perdagangan ekspor-impor,, kemudian data pencatatan kasus-kasus yang ada di pengadilan..

Nah itu data-data penting yakan,, yang memang harus dibikin aman buat kedepannya.. Pada blockchain semua data tersebut bisa disimpan kedalam Ledger, jadi Ledger ini harus didistribusikan ke berbagai pihak karena semakin banyak pihak yang terlibat semakin banyak pihak yang dipercaya ikut mengamankan salinan data maka integritas datanya semakin bagus dan transparan artinya semua yang terlibat mendapatkan perlakuan atau treatment yang sama. Treatment disini adalah pihak-pihak yang terlibat mendapatkan salinan Ledger dari awal sampai akhir lengkap termasuk salinan salinan Ledger terbaru yang bersifat aktual. Ledger harus bersifat temporer evidence artinya jika terdapat manipulasi harus dapat dibuktikan saat itu juga jadi Ledger bersifat resisten atau kebal terhadap manipulasi,, jadi siapa saja kapanpun itu bisa membuktikan kalau terdapat manipulasi di dalam Ledger..

Wahhh keren banget kannnn,,, Luar biasa sekalliiii teknologi yang satu ini… ini sama seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya di post open source,, setiap kontributor memiliki salinan dari source nya sehingga jika ada perubahan maka akan masuk kedalam history dan pemantauan oleh setiap kontributor…

Oke cukup sekian dulu memahami konsep blockchain, akan saya lanjutkan nanti yaa… oke cyaaaa

Bima Sena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *