Pengalaman KP

2 min read


Akhirnya nulis lagi nihh.. kali ini saya mau sharing tentang pengalaman heheh.. Nahh karna saya udah selesai magang maka akan saya share dan kasih tips untuk kamu yang belum magang atau sedang magang.. Mungkin untuk kali ini tulisan saya akan lebih terkesan rapih dan formal ya hahah.. oke langsung aja saya akan cerita dulu….

Magang… Well tujuan kamu magang itu apa sih?? karna harus tau dulu nih, untuk apa kamu magang di suatu instansi atau perusahaan. Nantinya kamu harus jelaskan tujuan tersebut pada tempat magang loh. Dan juga kamu seharusnya memberikan perubahan yang lebih baik kepada tempat magang.. kan begituu yaahhh.. haha

Biasanya sih kalau mahasiswa ditanya tujuan magang; yahh karna keharusan dari kampus dalam memenuhi persyaratan skripsi pak… wkwkw tapi kamu jangan memberikan alasan sebatas itu aja yah,, Harus lebih menonjolkan rasa ingin berpartisipasi dan ikut serta dalam memajukan perusahaan.. Kenapa? karna agar dapat feedback bagus dari perusahaan dan kemungkinan terbaiknya kamu akan di rekrut disana..

Oke balik ke saya yah.. Saya magang di Kominfo kota denpasar, dan jujur sebelumnya tidak target untuk magang disana. Malah saya jauh hari sudah berencana magang di kantor saya yang dulu.. wkwk atau juga magang kantor milik teman saya.. (biasa sih gak mau ribet pikir panjang).. Namun pada akhirnya, saya merasa bahwa kegiatan magang ini sangat penting,, tidak hanya menambah kenalan namun juga melatih skill kita dalam menyelesaikan suatu masalah.. Sehingga saya bersyukur diberi kesempatan untuk magang di Kominfo kota denpasar.. lopyu kominfo <3

Oke saya langsung kasih tips ya ;

  • Cari tempat magang yang sesuai dengan passion kamu. (jangan kayak saya saat itu ngalir aja)
  • Tentukan dengan matang perusahaan/instansi yang kamu sukai jika seandainya kamu kerja disana. (nah ini bagus)
  • Jangan tunda dan malas buat laporan (study case; saya sendiri)
  • Buat presentasi yang memukau namun simple aja. (presentasi ngantor)
  • Coba tawarkan diri untuk bantu selesaikan masalah (bukan cari muka).
  • Masuk setiap hari haha

Oke mungkin itu sih tips dari saya.. kalo kamu ada tips yang lebih mantab bisa share juga kesaya yahh.. Ini menurut saya sih,, magang (KP) biasanya kan ketemu di semester 5/6. Nah, kamu cari tempat yang diinginkan, trus kalo udah dan tersedia tinggal berikan perform maximal wkwkw kepada instansi/perusahaan.

Yang memberikan nilai KP mu adalah pembina dan dosen pembimbing, dan juga nanti setiap hari iringi dengan buat laporan. jadi setiap 1 jam sebelum pulang kamu bisa buat laporan KP dan minta paraf.. Truss dalam menawarakan diri untuk ikut membantu, kalian pasti lebih ngerti yahh karna sudah dewasa juga.. Dan yang terakhir masuk setiap hari,, ini diusahakan wkwkw. karna magang kan minimal 3 bulan yahh..


Bima Sena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *