DOTA

1 min read


Akhirnya… setelah sekian lama tidak ada kabar saya balik nulis lagi,, Jadi belakangan ini banyak hal terjadi, mulai dari kesibukan dan pekerjaan sehingga saya belum dapat menyempatkan untuk menulis lagi. (tidak mood nulis sebenarnya XD wkwk ).. banyak sesuatu yang belakangan ini saya peroleh yang mungkin bisa saya rangkum dalam web ini dan akan sharing kepada kalian..

Baik jadi apa yang berubah dari saya ? wkwkwk .. ya sesuai janji karena saya sudah lulus dan saat ini saya sudah bekerja sebgai software engineer di suatu startup.. maka saya akan sharing tentang aplikasi microservices yang saya buat pada tugas akhir saya. Jadi langsung aja ya…..


Denpasar Open DaTA

saya menyanggupi untuk merancang desain Open Data di Kominfo Kota Denpasar, dengan requirement yang sudah di lampirkan pada laporan tertulis mereka. Dari spesifikasi yang dimiliki oleh mereka saya mencoba untuk mewujudkannya,, bahwa itu sangat memungkikan..

Requirement
– Framework Laravel
– CKAN
– Server CentOS
– Client and Admin Pages
– Different Roles

Spesifikasi
– CentOS (saya install baru)
– RAM 4GB
– ROM 30 GB
– LAN

Ekspektasi

Flow

Tujuan

mewujudkan visi misi Satu Data Indonesia (sudah pasti wkwkwkw)


Implementasi

Jadi kenapa saya mengatakan ini microservices, karena setiap service / aplikasi berjalan pada mesin atau kontainer yang berbeda beda. Disini saya menggunakan Docker, dan beberapa aplikasi untuk memonitor server yang berjalan secara serverless. Banyak kendala yang saya hadapi wkwkw, terutama pada CKAN package yang berbeda beda versi sehingga dibuthkan waktu untuk riset.. sampailah saya mencoba menggunakan docker yang saya rasa lebih mudah implementasinya, dan gampang nantinya saat ingin pindah server atau bisa dibilang scalable.. Jadi ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengerjakan project dengan penerapan DevOps.

Sesuai gambar rancangan ekspektasi tersebut, maka yang diharapkan nantinya sistem dapat di scrap datanya untuk digunakan pada Satu Data Indonesia di jakarta sana. jadi CKAN sudah membuat khusus untuk medeteksi dimana letak API nya sehingga kita tinggal install dan klik klik saja.

jadi yang saya lakukan, pertama buat pages untuk postingan menggunakan laravel, dan kedua membuat dataset menggunakan CKAN. Finishingnya kita integrasikan menggunakan Proxy.. tambahan lainnya untuk monitoring dilakukan setelah requirement berfungsi dan sudah di testing.. hasilnya pun berjalan semestinya … Cukup sederhana… silahkan untuk cek source code dan catatan lainnya ada dibawah ini..

Github
https://github.com/laughface809/DenpasarOpenData-v2
https://github.com/laughface809/DenpasarOpenData-v1
https://github.com/laughface809/dota-JS-v1
https://github.com/laughface809/Data-Terbuka-Indonesia

Dokumentasi

Link
https://ckan.org/
https://laravel.com/

Ada yang ditanyakan silahkan japri saya thx ciaaa

Bima Sena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *